Pemasaran Buku


Judul               : Pemasaran Buku
Resume ke      : 19
Gelombang     : 23
Tanggal           : 28 Februari 2022
Tema               : Pemasaran Buku
Narasumber    : Agus Subardana, S.E, M.M

Alhamdulillah, masih diberikan nikmat sehat dan bertemu orang-orang hebat di saat liburan. Malam ini pertemuan ke-19 kelas BM, kami di ajak untuk berselancar tentang pemasaran buku. Di kawal moderator kece Ibu Raliyanti dengan Narasumber Bapak Agus Subardana, S.E, M.M yang merupakan narasumber dari ANDI Offset Yogyakarta. Beliau menggeluti dunia marketing sejak 1999.

Ternyata, efek dari covid.19 pada semua lini kehidupan justru  secara global tidak berdampak pada industri penerbitan buku. Hal ini merujuk laporan Nielsen BookScan ICM yang dapat di lihat pada tabel di bawah.
Tapi apakah hal ini sama di Indonesia?
Berdasar data dari https://www.ikapi.org/ sejak Pandemi Indonesia mengalami penurunan yang dratis mencapai 50% hingga 80 %.

Menurut Pak Agus, penerbit ANDI Offset ada fenomena menarik di industri penerbitan buku pada masa pendemi yaitu bertumbuhnya penjualan di kanal online dan Directselling. Hal ini juga berdampak pada strategi pemasaran yang di lakukan. Ada 2 faktor yang harus di pahami:
  1. Faktor Mikro yaitu perantara, pemasok, pesaing dan masyarakat.
  2. Faktor Makro yaitu demografi-ekonimi, politik-hukum, teknologi-fisik dan sosial-budaya.
Strategi pemasaran buku ala ANDI Offset


Jenis kerjasama di ANDI OFFSET
1. Jenis Kerjasama yang pertama yaitu Kerjasama secara reguler , yaitu Ibu langsung mengirimpak naskah ke ANDI Offset... dan naskah ibu akan di nilai di penerbitan kami dengan nilai standar dfari kami yang menentukan dan bila Naskah Ibu dinyatakan diterima maka akan di terbitkan tanpa biaya apapun . dan bila naskah Ibu di tolak berarti gugur.
2. Kerjasama Perorangan , hal ini berdasarkan kebutuhan dari penulis dan naskah Ibu Kami terbitkan berdasarkan pesanan khusus dari Ibu Helmi , dengan kalkulasi harga berdasarkan Jumlah halaman, jenis kertas dan warna atau hitam putih
3. Kerjasama antar lembaga (Penerbit dengan Institusi) yaitu kerjasama Pecintraan Bersama dengan paket minimal 300 Exs untuk kebutuhan lembaga tersebut.

                      Perjalanan ribuan kilometer, selalu dimulai dari satu langkah kecil

24 comments:

  1. Mantap, semangat terus, tinggal beberapa pertemuan lagi.

    ReplyDelete
  2. Tinggal 10 kali pertemuan lagi semangat

    ReplyDelete
  3. mantap, singkat. untuk panjangnya silahkan buka 'kotak tersebut'... itulah salah satu strategi pemasaran yang jenius...

    ReplyDelete
  4. Bagus resumenua bu Yusbi. Lanjut ke buku solo

    ReplyDelete
  5. Mantap siap menuju buku solonya...

    ReplyDelete
  6. Optimalkan tuk menjadi buku solo tetap konsisten ..🥰

    ReplyDelete